Photobucket
Sabtu, 06 September 2008
How To Handle Audience Question During The Presentation

SMART BUSINESS TALK

James Gwee

How To Handle Audience Question During The Presentation

2 September 2008

Rangkuman :

Pertanyaan pasti akan muncul dalam sebuah presentasi. Namun terkadang kita sebagai pihak yang melakukan presentasi kurang memperhatikan hal tersebut. Ketika kita akan melakukan presentasi yang kita fokuskan hanyalah bagaimana caranya agar presentasi dapat berjalan lancar. Padahal jika kita bisa menangani pertanyaan dari para peserta presentasi maka ini akan menjadikan posisi kita menjadi lebih kuat dan presentasi kita akan meyakinkan ditambah lagi peserta presentasi akan mengetahui sejauh mana kemampuan kita. Namun jika kita tidak bisa menangani pertanyaan dari peserta presentasi, jangan salahkan jika peserta akan ragu dan tidak yakin dengan kemampuan kita.

Banyak alasan orang bertanya dalam sebuah presentasi. Pertama, biasanya mereka menginginkan suatu klarifikasi. Cara menghadapi pertanyaan seperti ini adalah dengan memberikan apa yang dimaksudkannya.

Kedua, mereka hanya ingin menguji sejauh mana kompetensi kita atas apa yang kita presentasikan. Jika peserta presentasi menanyakan hal ini maka berikan jawaban yang kompeten untuk meyakinkan mereka bahwa kita adalah orang yang kompeten.

Ketiga, mereka biasanya hanya ingin mengekspos kelemahan diri kita dan sengaja mengekspos kekurangan produk dan perusahaan kita. Untuk mereka yang berniat seperti ini berikan saja jawaban singkat, padat dan jelas.

Alasan terakhir mengapa para peserta presentasi ini bertanya adalah untuk mengakomodasi pertanyaan dari semua peserta. Nah jika pertanyaan yang muncul adalah seperti ini maka berikan jawaban yang ditujukan untuk semua orang.

Satu hal yang harus diingat adalah ketika orang melontarkan pertanyaan maka kita harus tahu dan mengerti tujuan dibalik pertanyaan itu, sehingga kita bisa fokus dengan jawabannya.

Label: ,

posted by Crew SmartFM @ 11.49  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 

Information for Ad Please Contact Us @ 737092


Feature Dampak PON 2008
event

seminar

Samarinda Business Forum . 29 April 2009



Free chat widget @ ShoutMix


community

Subscribe to smartfm_balikpapan

Powered by us.groups.yahoo.com

visitor
Jones Act
SmartFM Balikpapan

Gedung BRI LT.5 - Jl.Jendral Sudirman No .37
BALIKPAPAN
Telp. (0542) 737.092 / 737.091 / 700.0978
Fax. (0542) 737.093

Previous Post

Archives

SmartFM Network

SmartFM Network
95.9|Jakarta
88.9|Surabaya
101.8|Palembang
101.8|Medan
93.4|Semarang
99.5|Pekanbaru
101.1|Makassar
101.2|Manado
101.1|Banjarmasin