Photobucket
Senin, 07 Juli 2008
Managerial Couching IV

Smart Sharing on Sales and Marketing Management
FX. Hadi

“Managerial Couching IV”
2 Juli 2008


Rangkuman :

Karyawan dan manajer adalah satu kesatuan. Dimana kinerja manajer juga akan terbantu oleh kinerja karyawannya. Karena itu manajer harus memberikan bimbingan kepada karyawannya. Berikut adalah langkah – langkah bimbingan yang bisa dilakukan oleh manajer:

Bangun saling percaya dan keterbukaan : bimbingan yang tidak bertepuk sebelah tangan pastinya akan membawa keberhasilan pada proses bimbingan. Keberhasilan ini bisa dimulai dengan ketulusan manajer ketika memberikan bimbingan. Untuk memulai ketulusan maka manajer harus menanamkan rasa percaya, respek dan terbuka akan segala hal.

Tentukan apa dan bagaimana secara bersama : setiap karyawan mempunyai sifat yang berbeda – beda. Karena itu bimbingan yang harus diberikan lebih secara individual, namun sebelum masuk kearah itu ada baiknya manajer memberikan bimbingan umum pada seluruh tim.

Dapatkan komitmen dari klien Anda : manajer sebaiknya membimbing karyawan yang lemah terlebh dulu. Baik lemah dalam performa maupun peoduct knowledge. Mintalah dengan baik – baik pada karyawan untuk berubah. Jika masih sulit melakukan perubahan maka lakukan counseling. Cari dan komunikasikan masukan balik : manajer yang telah memberikan bimbingan harus memberikan pengawasan kepada karyawannya untuk hasil yang maksimal, seperti untuk mengetahui sejauh mana perkembangan karyawan itu, atau bisa juga mengikuti karyawan itu ke lapangan dan melihat bagaimana materi yang dipelajarinya saat bimbingan dapat bekerja dengan baik. Nah pada saat periodik meeting maka sampaikanlah hasil kinerja dan bimbingan yang baik atau buruk.

Terjemahkan kata – kata menjadi pelaksanaan : ajak karyawan untuk to talk the walk and to walk the talk dengan memberikan teladan. Artinya manajer harus memberikan contoh dulu.

Dukunglah untuk langkah – langkah yang penting : waktu manajer untuk memberikan bimbingan sangatlah terbatas dikarenakan kesibukannya. Jadi proritaskan materi coaching yang paling penting misalnya 20 persen kegiatan yang paling penting dan dapat menghasilkan 80 persen bagi perusahaan. Ini bisa dilakukan dengan cara turun ke lapangan dan memberikan contoh.

Berikan refleksi tentang tindakan : selalu berikan contoh kepada karyawan tentang apa yang sudah kita berikan kepada karyawan. Misalnya ketika manajer meminta karyawan untuk membaca sebuah buku setiap hari 10 lembar, maka manajer juga harus melakukannya dan keesokan harinya bisa didiskusikan bersama mengenai apa yang telah sama – sama di baca. Evaluasi kemajuan klien : mengevaluasi apa yang telah dicapai oleh karyawan itu penting. Karena itu agar mudah mengevaluasi maka tuangkan bimbingan dengan bentuk kuantitatif. Seperti bagaimana meningkatkan closing atau bagaimana meningkatkan pertemuan dengan prospek menjadi kontrak. Jika itu telah tercapai maka mintalah karyawan untuk meningkatkan target dalam jangka waktu yang disepakati.

Implementasikan reward and penalty system : reward and penalty system harus dilakukan. Karena ini sebenarnya penolong bagi manajer juga untuk menjaga loyalitas mereka dan memacu produktifitas dan kinerja karyawan.

Label: ,

posted by Crew SmartFM @ 17.09  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 

Information for Ad Please Contact Us @ 737092


Feature Dampak PON 2008
event

seminar

Samarinda Business Forum . 29 April 2009



Free chat widget @ ShoutMix


community

Subscribe to smartfm_balikpapan

Powered by us.groups.yahoo.com

visitor
Jones Act
SmartFM Balikpapan

Gedung BRI LT.5 - Jl.Jendral Sudirman No .37
BALIKPAPAN
Telp. (0542) 737.092 / 737.091 / 700.0978
Fax. (0542) 737.093

Previous Post

Archives

SmartFM Network

SmartFM Network
95.9|Jakarta
88.9|Surabaya
101.8|Palembang
101.8|Medan
93.4|Semarang
99.5|Pekanbaru
101.1|Makassar
101.2|Manado
101.1|Banjarmasin