Photobucket
Senin, 21 Juli 2008
LUKA BATIN

SMART EMOTION

ANTONI DIO MARTIN

‘LUKA BATIN ’

17 Juli 2008

Rangkuman :

Luka batin adalah hal yang tidak bisa manusia hindari. Dalam perjalanan hidupnya manusia pasti akan dihadapkan pada beragam cerita dan manusia. Yang secara sadar atau tidak membuat hati manusia menjadi cedera dan menyebabkan luka batin. Dengan kata lain luka batin adalah pengalaman dimasa lalu yang kita sadari atau tidak masih membekas dalam kehidupan kita. Namun demikian yakinlah bahwa semua luka batin punya makna. Karena itu untuk setiap halangan yang ada selalu ambil hikmahnya, karena siapa tahu ada sesuatu yang membantu hidup kita. Ingatlah untuk meyakini bahwa hal kecil dalam hidup kita sebenarnya adalah berkat yang tersembunyi.

Mungkin kita sering untuk berusaha melawan rasa sakit, menghindari dan mengabaikannya. Tahukah bahwa semua itu malah akan meningkatkan instensitas rasa sakit atau luka batin yang kita punya. Maka itu hadapi saja.

Cara menyembuhkan luka batin :

Pertama identifikasi apa yang menyebabkan luka batin pada diri kita. Kemudian mengkaitkan masalah itu dengan kondisi kita saat ini, Apakah kita akan terus membawa luka batin itu dan menghambat kehidupan kita atau sebaliknya. Selanjutnya adalah afirmasi (memilih untuk mengubah diri dan memantapakan itu). Lalu kita juga harus menventilasi secara positif yaitu dengan mengeluarkan beban dan luka yang pernah kita alami dalam bentuk yang lebih positif. Terakhir adalah membereskan luka batin itu baik secara mental dan spiritual (reframe rusak dan menggantinya dengan yang positif).

Rasa sakit adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari tapi kita punya pilihan bagiaman kita bersikap terhadap luka batin. Kita bisa mencoba untuk berdamai dan memilih hal yang lebih baik untuk luka batin kita itu, dapirada kita membiarkan kita menderita karena luka batin yang dapat menghambat masa depan.

Pain is inevitable but suffering is optional.

Label: ,

posted by Crew SmartFM @ 09.44  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 

Information for Ad Please Contact Us @ 737092


Feature Dampak PON 2008
event

seminar

Samarinda Business Forum . 29 April 2009



Free chat widget @ ShoutMix


community

Subscribe to smartfm_balikpapan

Powered by us.groups.yahoo.com

visitor
Jones Act
SmartFM Balikpapan

Gedung BRI LT.5 - Jl.Jendral Sudirman No .37
BALIKPAPAN
Telp. (0542) 737.092 / 737.091 / 700.0978
Fax. (0542) 737.093

Previous Post

Archives

SmartFM Network

SmartFM Network
95.9|Jakarta
88.9|Surabaya
101.8|Palembang
101.8|Medan
93.4|Semarang
99.5|Pekanbaru
101.1|Makassar
101.2|Manado
101.1|Banjarmasin