Photobucket
Jumat, 09 Mei 2008
Dampak Kenaikan BBM

Badan Pusat Statistik – BPS Balikpapan memastikan, kenaikan harga BBM Bersubsidi di Indonesia akan berdampak pada kenaikan harga-harga kebutuhan pokok. Apalagi untuk daerah-daerah yang kebutuhan pokoknya dipasok dari luar daerah, seperti Balikpapan, karena biaya transportasi yang mengalami kenaikan. Kepala BPS Balikpapan – Basiran Suwandi mengungkapkan, kenaikan harga BBM akan sangat berdampak pada perekonomian di Balikpapan, khususnya harga bahan pokok dan bahan material bangunan. Bahkan, rencana pemerintah akan menaikkan harga BBM ini membuat harga sayur mayur dan kebutuhan pokok di Balikpapan mulai bergejolak. Basiran menyatakan, dengan adanya kenaikan harga BBM ini, maka tingkat inflasi di Balikpapan juga akan mengalami kenaikan yang tinggi,karena mayoritas barang-barang kebutuhan pokok dan sayur mayur serta material bangunan dipasok dari luar daerah. Untuk itu, pihaknya berharap ada kebijakan pemerintah yang berpihak kepada masyarakat umum, agar masyarakat yang tidak mampu dapat bertahan hidup ditengah keterpurukan ekonomi nasional .

Sementara itu, Kamar Dagang dan Industri – KADIN Balikpapan memastikan, kenaikan harga BBM bersubsidi sekitar bulan Juni mendatang, akan berdampak pada melemahnya sektor riil / terutama usaha mikro kecil dan menengah di Balikpapan. Seharusnya pemerintah pusat mengambil kebijakan lain, selain menaikan harga BBM, karena akan berpengaruh pada dunia usaha di kota ini. Wakil Ketua KADIN Balikpapan – Muhammad Adam mengaku, KADIN Pusat pernah merekomendasikan kenaikan harga BBM bersubsidi kepada Presiden baru-baru ini. Namun, menaikkan harga BBM adalah alternatif terakhir, jika beberapa kebijakan yang dijalankan pemerintah tidak bisa menyelematkan APBN. Karena dengan naiknya harga BBM,maka dunia usaha baik besar dan kecil akan terpukul dan terkena dampaknya, sehingga mengakibatkan daya beli masyarakat menurun.

Adam menambahkan, jika harga BBM naik maka pengusaha besar dan UMKM di Balikpapan diminta untuk melakukan review atau evaluasi ulang terhadap operasional perusahaan dan target margin profit mereka. Karena kenaikan harga BBM tentu akan merubah semua harga barang-barang produksi dan biaya transportasi .

Audio Version
boomp3.com

Label:

posted by Crew SmartFM @ 10.49  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 

Information for Ad Please Contact Us @ 737092


Feature Dampak PON 2008
event

seminar

Samarinda Business Forum . 29 April 2009



Free chat widget @ ShoutMix


community

Subscribe to smartfm_balikpapan

Powered by us.groups.yahoo.com

visitor
Jones Act
SmartFM Balikpapan

Gedung BRI LT.5 - Jl.Jendral Sudirman No .37
BALIKPAPAN
Telp. (0542) 737.092 / 737.091 / 700.0978
Fax. (0542) 737.093

Previous Post

Archives

SmartFM Network

SmartFM Network
95.9|Jakarta
88.9|Surabaya
101.8|Palembang
101.8|Medan
93.4|Semarang
99.5|Pekanbaru
101.1|Makassar
101.2|Manado
101.1|Banjarmasin